Kamis, 25 Agustus 2016

Kupang NTT

hallo teman-teman semua,kali ini saya sebagai anak kupang akan membahas tentang ciri khas kota kupang


1. Mayoritas Penduduknya beragama Kristen
Mayoritas penduduk Kupang menganut agama Kristen dan banyak sekali kita menemukan geraja serta makanan “nasi babi” disepanjang jalan. Kalau saat musim Natal dan Tahun Baru, daerah Kupang indah dipenuhi oleh lampu hias pohon natal. Penduduk lainnya beragama Islam, dan Hindu. Sedangkan masyarakat yang ada berasal dari Rote, Flores dan kebanyakan pendatang berasal dari Jawa.
Dan jangan khawatir, toleransi beragama di Kupang sangat bagus sehingga Kupang tempat yang aman untuk dikunjungi. Selain itu walau mayoritas beragama Kristen, makanan halal mudah juga kok dijumpai karena banyaknya pendatang dari Jawa yang berjualan di Kupang.
Pemandangan Kupang
Pemandangan Kupang

2. Suasana malam Kupang Ramai
Dunia malam Kupang sangat hectic atau ramai, masyarakat lokal Kupang suka dengan suasana malam, banyak pedagang yang berjualan, dan penduduk Kupang sangat konsumtif dan suka makan. Pasar malam yang terkenal ialah Kampung Solor yang merupakan tempat untuk berburu kuliner di Kupang. Disepanjang Kampung Solor terdapat para pedagang makanan seperti seafood, bakso, mie ayam, sate, tahu tek, gado-gado, aneka kue serta makanan lainnya. Untuk makanan khas Kupang atau kuliner khas Kupang yaitu sei (daging) serta madu karena begitu banyak penjual madu di Kupang dan rata-rata Madunya asli dengan harga murah.
Suasan Malam Kupang, Kampung Solor
Suasan Malam Kupang, Kampung Solor

3. Gaya Rambut ala Rock
Masyarakat Local Kupang khususnya yang laki-laki mulai dari anak kecil sampai dewasa suka dengan gaya rambut ala “rock” atau “puck” yaitu dengan potongan rambut yang nyentrik, seperti jambul kakak tua.
Gaya rambut ala Kupang
Gaya rambut ala Kupang

4. Negeri Karang
Kupang terkenal dengan karangnya, disepanjang jalan pasti melihat karang di hamparan pantai indah dengan pasir putihnya. Uniknya masyarakat Kupang tidak repot untuk membangun rumah, cukup membangunnya diatas karang, jadi deh rumahnya! Ciri khas lain dari masyarakat Kupang yaitu sangat kreatif mereka membuat pagar dari kumpulan yang disusun membentuk pagar karang.
Karang Kupang
Karang Kupang

5. Sambal Khas Kupang “Pedas Asam”
Orang Kupang suka makanan pedas kalau bahasa Kupanganya “pedis”, namun saya secara pribadi yang pecinta masakan pedas karena lidahku lidah Batak, tidak menyukai sambal khas Kupang karena rasanya yang pedas tapi asam sekali. Kalau mau mencoba sambal Kupang sebaiknya sedikit karena rasanya begitu asam, takutnya tidak cocok dilidah.

6. Ciri khas penduduk lokal yang skinny
Penduduk lokal berkulit gelap, rambut ikal dan keriting, dan rata-rata gadis Kupang atau dipanggil “Nona Kupang” itu  skinny (kurus). Warna kulit orang Kupang gelap kerena kondisi alam Kupang yang panas dengan iklim pantai, air Kupang juga merupakan air kapur sehingga untuk mandi tidak terasa keset.
Penduduk Lokal Kupang
Penduduk Lokal Kupang

7. Pakaian adat Kupang mirip Pakaian Adat Batak
Ada kesamaan dalam hal pakaian adat Kupang dengan Batak, sama-sama ditenun dengan tangan, bedanya hanya di motif. Orang Kupang suka menenun lalu dijajakan oleh kakek tua/pemuda dari rumah ke rumah, sebagian dijual di toko dengan harga berkisar Rp100rb hingga Rp500rb tergantung kualitas tenunan.
Baju Adat Kupang
Baju Adat Kupang

8. Suka Dance
Hampir rata-rata orang Kupang pandai berjoget alias menari. Rata-rata penduduk Kupang pandai menarikan “shuffle dance” dan mereka sangat lihai, mualai dari anak kecil hingga dewasa bisa menarikan shuffle dance. Aku paling kagum dengan gaya tarian orang Kupang, keren banget!

9. Nomor Angkot
Orang Kupang memanggil angkot dengan sebutan “oto” dan ciri khas Kupang ialah kalau mengatakan nomor angkot bakalan mengatakan “lampu berapa”, kalau lampu 6 berarti itu angkot bernomor 6. Ongkos naik angkot di Kupang cukup membayar Rp1000 sampai Rp2000. Kalau naik oto lampu 6 berarti ke Ramayana (sering dibilang Mall, kalau di Kupang), Kalau lampu 1 berarti ke Kuanino.
Itulah yang aku amati dan rasakan serta dapatkan selama tinggal 10 bulan di Kupang, aku menemukan 9 ciri khas Kupang😀





Tidak ada komentar:

Posting Komentar